Saturday, May 21, 2016

Resep Rahasia & Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Kecap Special

Rahasia Dapurku - Ayam Bakar memang menu yang paling pas dalam segala suasana. Ayam bakar memang memiliki cita rasa yang khas. banyak sekali yang suka dengan ayam bakar. dan jenis olahan makanan berbahan dasar ayam yang dibakar sangat banyak sekali jenisnya silahkan lihat di menu navigasi Resep Ayam untuk menelusurinya. Bagi ibu-ibu rumah tangga yang hobi masak, bisa menjadikan ayam bakar sebagaii salah satu menu makanan yang siap disajikan kapan saja. Banyak sekali jenis masakan ayam bakar, tentunya gak akan bosan karena ayam bakar gak cuma itu-itu aja. tetapi untuk membuat ayam bakar yang lezat tidaklah mudah namun juga tidak sulit jika tahu cara dan resepnya.

Membuat ayam bakar memang tergolong gampang gampang susah. Gampang buat yang sudah tahu bumbu resep dan cara mengolahnya, namun sulit buat orang yang sama sekali belum pernah mencobanya. seperti cara membuat ayam bakar bumbu kecap sedikit yang  butuh proses pengolahan di daging ayam yang akan digunakan. Nah buat sista yang sedang ingin menyajikan Ayam Bakar Bumbu Kecap Special buat keluarganya, Rahasia Dapurku bakal berbagi resep rahasia untuk membuat Ayam Bakar Bumbu Kecap Special yang lezat tentunya. Langsung aja simak dibawah ini :

Resep Rahasia & Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Kecap Special

Resep Rahasia & Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Kecap Special
  • Satu ekor ayam ukuran sedang besar. Bisa menggunakan ayam kampung atau ayam potong. Potong ayam menjadi 4-6 bagian atau sesuai selera.
  • 5-6 siung bawang merah ukuran sedang besar. Kupas kulitnya sebelum dihaluskan. bawang merah lokal lebih bagus aromanya lebih harum.
  • Lengkuas ukuran sedang besar sepanjang kurang lebih 1 ruas jari orang dewasa.
  • Kunyit ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 1 ruas jari orang dewasa.
  • Setengah sendok kecil ketumbar butiran.
  • 8 buah cabai merah keriting ukuran besar. boleh dikurangi jika kurang suka pedas.
  • 4 buah bawang putih ukuran sedang besar dan kupaskulitnya.
  • 8-10 buah cabai rawit atau sesuai selera.
  • Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 1 ruas jari orang dewasa.
  • 3-4 lembar daun salam.
  • 1 sendok tehair jeruk nipis.
  • 2 sendok makan air asam jawa.
  • 6 sendok makan kecap manis kental kualitas bagus.
  • 300-400 ml air bersih untuk merebus /mengungkep ayam.
  • garam dapur beryodium secukupnya (kurang lebih sebanyak satu sendok teh saja).
  • Gula pasir putih kurang lebih sebanyak satu sendok kecil saja.
Cara Memasak / Membuat : 

Langkah pertama cuci bersih ayam yang telah dipotong lalu tiriskan dan cuci semua bahan yang akan digunakan. ini harus dibiasakan ya sist, mencuci semua bahan terlebih dahulu. Selanjutnya lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan biarkan sebentar. Kemudian haluskan bawang bawang putih, merah, cabe rawit dan keriting, ketumbar, lengkuas, jahe, kunyit, garam dan gula pasir yang sudah dipersiapkan. Gunakan blender saja jika ingin cepat.

Setelah itu, lumuri kembali ayam dengan bumbu bumbu yang sudah dihaluskan tadi sampai merata dan diamkan sebentar supaya bumbu meresap ke dalam dagingnya selama 30-40 menit. Selanjutnya siapkan panci untuk mengungkep dan masukkan ayam dan semua bumbu yang sudah dihaluskan dan beri air bersih secukupnya. 

Kemudian Rebus atau ungkep ayam, masukkan juga daun salam, air asam dan kecap manis kental diaduk aduk sesekali supaya bumbu tercampur rata dan meresap. Gunakan api sedang untuk ungkep ayam biarkan sampai daging empuk dan air rebusan menyusut (air mengental menjadi seperti kuah kental).

Setelah empuk, yang haus anda lakukan adalah angkat daging ayam dan tiriskan sebentar. Sambil ditiriskan, langsung aja siapkan bakaran ayam dan bara api panas. Bakar ayam sampai permukaan daging kering dan harum. bolak balik dan sesekali di lumuri dengan bumbu ungkepan supaya benar benar meresap dan hasilnya lebih enak.

Nah akhirnya mateng juga kan, semoga sukses ya sist.

Resep Rahasia & Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Kecap Special Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown