Saturday, December 26, 2015

Resep dan Cara Membuat Agar-Agar Pepaya Susu Kental Manis Vanilla

Rahasia Dapurku - Agar-agar….bahan panganan  penutup yang terbuat dari rumput laut dengan sejuta manfaat karena mengandung serat fiber lunak dan rendah kalori. Kandungan serat yang tinggi sangat membantu tubuh di dalam proses pengeluaran sisa-sisa makanan pada usus. Selain itu, agar-agar juga cocok dikonsumsi bagi mereka yang sedang menderita panas dalam/susah buang ari besar.

Pepaya (Kates) merupakan buah berdaging tebal yang kaya akan serat dan kandungan lain yang dibutuhkan tubuh karena selain mampu menetralisir kandungan toksin pada makanan yang kita makan, juga baik untuk kesehatan kulit. Perpaduan antara agar-agar dan pepaya serta bahan pelengkap lainnya seperti susu kental manis vanilla, gula pasir dan santan mampu menjadi hidangan penutup ideal saat anda selesai menikmati hidangan utama anda.

Proses pembuatan Agar-agar Pepaya dengan Santan dan Susu Kental Manis Vanilla ini tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan pudding pada umumnya. Hanya saja, wadah yang digunakan untuk mencetak adonan adalah cangkang dari buah pepaya yang akan kita olah.  Berikut resep dan cara membuatnya.

Resep Agar-Agar Pepaya dengan Santan dan Susu Kental Manis Vanilla

Agar-agar….bahan panganan penutup yang terbuat dari rumput laut dengan sejuta manfaat karena mengandung serat fiber lunak dan rendah kalori. Kandungan serat yang tinggi sangat membantu tubuh di dalam proses pengeluaran sisa-sisa makanan pada usus. Selain itu, agar-agar juga cocok dikonsumsi bagi mereka yang sedang menderita panas dalam/susah buang ari besar. Papaya (kates) merupakan buah berdaging tebal yang kaa akan serat dan kandungan lain yang dibutuhkan tubuh karena selain mampu menetralisir kandungan toksin pada makanan yang kita makan, juga baik untuk kesehatan kulit. Perpaduan antara agar-agar dan papaya serta bahan pelengkap lainnya seperti susu kental manis vanilla, gula pasir dan santan mampu menjadi hidangan penutup ideal saat anda selesai menikmati hidangan utama anda.    Proses pembuatan agar-agar buah papaya dengan santan dan susu kental manis vanilla ini tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan pudding pada umumnya. Hanya saja, wadah yang digunakan untuk mencetak adonan adalah cangkang dari buah papaya yang akan kita olah. Berikut resep dan cara membuatnya. Bahan-bahan yang digunakan : 1 buah papaya matan ukuran sedang 1 bungkus agar-agar original 1 sachet susu kental manis vanilla 700 ml santan 100 gram gula pasir ( khusus bagia nada yang tidak boleh mengkonsumsi gula pasir, bias menggantinya dengan 150 gram gula jagung) Cara membuat : Kupas buah papaya menjadi dua bagian, kemudian buang bijinya Keruk daging papaya menggunakan sendok cocktail buah agar daging yang dikeruk berbentuk cembung, kemudian sisihkan Selanjutnya tuangkan air ke dalam panci Tuangkan agar-agar, santan, gula pasir dan susu kental manis vanilla kedalam panci, aduk dan masak menggunakan api sedang sampai benar-benar mendidih dan semua bahan tercampur rata Angkat dan tuang adonan agar-agar tersebut ke dalam cangkang papaya tadi, taburi dengan kerukan buah papaya kemudian dinginkan dalam kulkas. Setelah agar-agar mengeras (beku), kemudian potong-potong sesuai selera dan agar-agar pun siap untuk disajikan.
 
 Bahan-bahan yang digunakan :
  • 1 buah pepaya matang ukuran sedang
  • 1 bungkus agar-agar original
  • 1 sachet susu kental manis vanilla
  • 700 ml santan
  • 100 gram gula pasir ( khusus bagi anda yang tidak boleh mengkonsumsi gula pasir, bisa menggantinya dengan 150 gram gula jagung)

Cara membuat Agar-agar Pepaya dengan Santan dan Susu Kental Vanilla :

  1. Kupas buah pepaya menjadi dua bagian, kemudian buang bijinya.
  2. Keruk sebagian sisi daging pepaya menggunakan sendok cocktail buah agar daging yang dikeruk berbentuk cembung, kemudian sisihkan.
  3. Selanjutnya tuangkan air ke dalam panci.
  4. Tuangkan agar-agar, santan, gula pasir dan susu kental manis vanilla kedalam panci, aduk dan masak menggunakan api sedang sampai benar-benar mendidih dan semua bahan tercampur rata.
  5. Angkat dan tuang adonan agar-agar tersebut ke dalam mangkuk buah pepaya tadi, taburi dengan kerukan buah pepaya kemudian dinginkan dalam kulkas. Setelah agar-agar mengeras (beku), kemudian potong-potong sesuai selera dan Agar-agar Pepaya dengn Santan dan Susu Kental Manis Vanilla pun siap untuk disajikan.

Resep dan Cara Membuat Agar-Agar Pepaya Susu Kental Manis Vanilla Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin