Tuesday, January 5, 2016

Resep dan Cara Membuat Gulai Ikan Tenggiri Citarasa Gurih Nikmat

Rahasia Dapurku – Gulai ikan tenggiri citarasa gurih nikmat merupakan salah satu hidangan berkuah variasi terbaru dari hidangan gulai. Citarasa gurih dan nikmat dengan kuah kental berwarna kuning yang berasal dari sari pati kunyit dan merupakan ciri khas dari gulai ini sangat mantap bila di santap selangi hangat. Perpaduan rasa dari bumbu gulai yang kaya akan rempah seperti kunyit, ketumbar, bawang merah, bawang putih dan lain sebagainya dengan citarasa khas ikan tenggiri yang memiliki 1001 manfaat bagi kesehatan seperti mencegah kanker dan meningkatkan kinerja otak karena mengandung Kalsium AA dan DHA serta Omega 3 ini bisa menjadi referensi menu harian anda dan keluarga di rumah. Selain karena citarasa yang di tawarkan begitu istimewa, proses pembuatannya pun relatif mudah serta bahan dan bumbu rempah yang diperlukan mudah untuk di dapat karena tersedia hampir di semua tempat yang biasa menjual aneka bumbu rempah dan bahan pokok masakan.

Selain ikan tenggiri, masih banyak jenis bahan baku yang biasa di masak menjadi gulai, diantaranya daging sapi, daging ayam, aneka sayuran dan lain sebagainya dengan citarasa yang tidak kalah lezatnya dengan masakan lain.

Naahhh, untuk membuat hidangan gulai ikan tenggiri citarasa gurih nikmat, selain bumbu rempah yang sesuai dan teknik memasak yang tepat, ada satu lagi yang harus diperhatikan oleh anda yaitu kualitas dari ikan tenggiri yang akan di olah. Pilihlah ikan tenggiri yang masih segar dan tidak berbau busuk dengan warna kulit yang cerah serta elastis saat daging di tekan dan memiliki bola mata yang jernih dan menonjol ke luar.

Sekarang, yuk simak tips tentang Resep dan Cara Membuat Gulai Ikan Tenggiri Citarasa Gurih Nikmat hanya di Rahasia Dapurku.

Resep Gulai Ikan Tenggiri Citarasa Gurih Nikmat

Resep dan Cara Membuat Gulai Ikan Tenggiri Citarasa Gurih Nikmat
  
Bahan-bahan : 
  • 1/2 kg ikan tenggiri
  • garam secukupnya
  • lada secukupnya
  • 2 sdm air perasan jeruk nipis
  • 1 helai daun kunyit
  • 1 gelas air
  • 1 gelas santan
  • 1 batang serai
Bumbu yang dihaluskan :
  • 5 cm kunyit
  • 2 iris lengkuas
  • 5 buah cabai merah

Cara Membuat Gulai Ikan Tenggiri Citarasa Gurih Nikmat

  1. Potong ikan tenggiri sesuai bentuk yang di kehendaki kemudian cuci bersih dan lumuri dengan garam secukupnya dan air perasan jeruk nipis, kemudian diamkan selama 5 menit.
  2. Didihkan air bersama serai, daun kunyit dan bumbu yang telah di haluskan.
  3. Setelah air mendidih, masukkan ikan tenggiri yang telah di potong-potong dan dilumuri garam serta air perasan jeruk nipis tadi, lalu tambahan garam dan santan kemudian aduk perlahan
  4. Masakan sampai kuah mengental serta semua bumbu meresap dan ikan matang sempurna.
  5. Angkat dan sajikan selagi hangat bersama nasi dan aneka pelengkap lainnya.

Resep dan Cara Membuat Gulai Ikan Tenggiri Citarasa Gurih Nikmat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown