Wednesday, December 23, 2015

Resep dan Cara Membuat Pepes Ayam Khas Sunda

Rahasia Dapurku - Salah satu yang sering kita jumpai dalam masakan Khas Sunda adalah berbagai macam menu pepes. Menu pepes tidak terbatas pada ayam atau ikan saja bahan dasarnya, menu pepes juga bisa kita jumpai pepes jamur, pepes jantung ( Jantung Pohon Pisang) dll. Nah khusus unuk sekarang, saya akan berbagi satu menu pepes khas sunda yaitu Pepes Ayam Khas Sunda Bumbu Kuning. oh iya, pepes dalam bahasa sundanya adalah pais. pais adalah pepes tapi kalo papais itu beda lagi. Pepes atau pais merupakan olahan masakan berbungkus daun pisang yang dimatangkan dengan cara dikukus dan terkadang pepes juga dapat dibakar sebentar untuk mengeluarkan aroma yang lebih wangi.

Nah, tadi kan ceritanya, trus gimana nih cara membuat Pepes Ayam Khas Sunda Bumbu Kuning, mudah gak ya. tuh kan udah pada gak sabar, ya udah nih langsung aja ke cara pembuatan dan rahasia resepnya. 

Resep Pepes Ayam Khas Sunda Bumbu Kuning

Resep dan Cara Membuat Pepes Ayam Khas Sunda

Yang pertama kita harus siapkan bahan utama dan bumbu-bumbu yang dibutuhkan, selengkapnya berikut ini :
1 kg - ayam dipotong-potong beberapa bagian menurut selera lalu cuci bersih

  1. 3 cm - laja (lengkuas) digeprek
  2. 6 buah - cabe rawit merah dibiarkan utuh
  3. 2 ikat - daun kemangi dicuci bersih
  4. Daun pisang - secukupnya
  5. 3 lembar - daun salam
  6. Minyak sayur - 2 sendok makan

Selanjutnya Bumbu-bumbu yang di iris :

  1. 1 tangkai - bawang daun diiiris kasar
  2. 5 lembar - daun serai dipotong-potong
  3. 1 buah - tomat dipotong-potong
  4. 2 buah - cabe merah besar diiris halus
  5. 1 buah - bawang bombay diiris kasar

Nah yang berikut ini adalah Bumbu-bumbu yang dihaluskan :

  1. 1 sendok makan - garam
  2. 1 sendok makan - gula merah yang sudah diserut
  3. 6 butir - bawang merah
  4. 2 siung - bawang putih
  5. 1/4 sendok teh - terasi
  6. 6 butir - kemiri
  7. 1/4 sendok teh - pala
  8. 1/4 sendok teh - kaldu bubuk
  9. 3 cm - kunyit
  10. 1 sendok makan - ketumbar

Cara Membuat Pepes Ayam Khas Sunda Bumbu Kuning

Masukkan bumbu halus dan minyak sayur dalam wadah ukuran sedang, lalu aduk-aduk sampai tercampur rata. Selanjutnya masukkan bumbu iris, lengkuas, cabe rawit, daun kemangi, dan daun salam,  lalu aduk. kemudian masukkan daging ayam yang sudah kita siapkan yang udah kita potong-potong tadi, aduk rata dan kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit agar bumbu meresap.

Yang harus kita lakukan selanjutnya adalah siapkan lembaran daun pisang, kemudian masing-masing diisi beberapa bagian potongan daging ayam beserta bumbunya sesuaikan saja dengan lembaran daun pisang tersebut dan nantinya harus bisa dilipat. nah  cara lipatnya Lipat sisi kanan dan kiri daun pisang, kemudian ikat dengan benang atau tali plastik di kedua ujungnya, bisa juga semat dengan lidi.

Kita lanjut ke proses pengukusan, apa yang harus disiapkan untuk mengukus gak harus dijelaskan ya, pastinya udah pada tahu lah, Tata bungkusan daun pisang ke dalam kukusan, kukus sampai ayam benar-benar matang dan empuk serta bumbu meresap. Tandanya daun pisang berwarna kecoklatan serta sudah beraroma sangat wangi. Angkat pepes ayam lalu siap untuk disajikan atau anda juga bisa membakarnya sebentar. semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Resep dan Cara Membuat Pepes Ayam Khas Sunda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin