Sunday, June 12, 2016

Resep Kolak Pisang Ubi Kolang Kaling Untuk Buka Puasa

Rahasia Dapurku - Menu berbuka memang banyak didominasi oleh makanan atau minuman yang manis. Salah satu menu yang biasanya digemari saat berbuka puasa, selain sirup yaitu adalah Kolak. Kolak Pisang, Kolak Obi atau juga Kolak Kolang Kaling. dan juga campuran dari ketiganya yaitu Kolak Pisang Ubi Kolang Kaling. sebetulnya masih banyak bahan makanan dan juga buah-buahan yang bisa dibikin Kolak. seperti Nangka dan lainnya. namun kebanyakan yang paling populer adalah kolak pisang ubi kolang kaling.

Tahukah anda , ternyata kolang kaling ini bermanfaat bagi kesehatan. memiliki kandungan air yang tinggi sehingga kolang kaling dapat membantu dalam proses pencernaan . terlebih bagi teman-teman yang mempunyai masalah dengan pencernaan ketika sedang menjalankan ibadah puasa. dengan begitu, sehinga kolang kaling ini sangat cocok disajikan untuk menu takjil atau menu berbuka puasa. Nah tanpa berlama-lama, apa saja bahan dan bagaimana cara membuat kolak pisang kolang kaling ini, berikut ini selengkapnya.

Resep Kolak Pisang Ubi Kolang Kaling Enak Untuk Buka Puasa

Resep Kolak Pisang Ubi Kolang Kaling Untuk Buka Puasa

Yang perlu anda siapkan sebelumnya tentunya adalah bahan utama yaitu Pisang, Ubi dan Kolang kaling. dan bahan lainnya adalah selengkapnya sebagai berikut ini. tentunya jika di bulan Ramadhan bahan utama tersebut mudah anda dapatkan. karena kolak ini memang banyak yang menjadikan menu untuk buka puasa, maka para pedagangpun sudah mempersiapkan bahan kolak karena pasti banyak yang nyari.

Bahan Kolak Pisang Ubi Kolang Kaling Untuk Buka Puasa

  • Pisang 3 buah ( menjadi dua bagian )
  • Ubi merah 100 gram ( potong-potong )
  • Kolang-kaling 100 gram ( dipotong menjadi dua bagian )
  • Gula merah 250 gram
  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Cengkeh 3 butir secukupnya
  • Santan kental 250 mili liter
  • Garam secukupnya ( agar mengahasilkan rasa gurih )
  • Vanila secukupnya
Itu adalah bahan-bahan yang harus anda siapkan dari mulai bahan utama dan bahan lainnya. tidak sulit bukan mencari bahan untuk membuat kolak ini, apalagi di bulan Ramadhan. nah bagaimana cara membuatnya, berikut ini cara membuatnya.

Cara Membuat Kolak Pisang Ubi Kolang Kaling Untuk Buka Puasa

Cara membuat Kolak Pisang Ubi Kolang Kaling Untuk Buka Puasa adalah, Pertama masukkan santan , gula merah , gula pasir , vanila serta garam secukupnya ke dalam panci . kemudian selanjutnya panaskan hingga mendidih . ( aduk-aduk secara perlahan selama proses pendidihan agar santan tidak pecah )

Langkah selanjutnya masukan kolang-kaling, biarkan kolang-kaling hingga empuk . setelah itu masukkan ubi dan pisang. dan aduk-aduk terus secara perlahan hingga kuah mendidih kembali , dan angkat . Sudah matang dan siap disajikan sesuai selera. bisa dimakan hangat atau dingin. dan bisa dengan es batu.

Nah semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Resep Kolak Pisang Ubi Kolang Kaling Untuk Buka Puasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown