Thursday, May 19, 2016

Resep Ayam Bakar Padang Sederhana Special

Rahasia Dapurku - Masakan bahan dasar ayam memang banyak macamnya. kalo bicara masalah daging ayam, bakal buanyak banget deh resep dan jenis masakannya. pokoknya ayam diapa-apain enak deh sist. Nah kalo bicara tentang ayam, jadi keinget sama Ayam bakar nih, hmmmmm maknyuuuus.....  Langsung ke pokoknya yuk. Kali ini Rahasia Dapurku bakal berbagi Resep Ayam Bakar Padang Sederhana Special. seperti kita tahu, masakan padang sangat terkenal dengan citarasanya. setelah sebelumnya saya bagi resep tentang Ayam Bakar Komplit dan juga Resep Opor Ayam Special, kali ini giliran Ayam Bakar Padang Sederhana yang bisa anda buat dan praktekan dirumah.

Menu masakan ayam bakar padang ini termasuk favorit saya. Rasanya yang gurih dan lezat dipadu dengan bumbu asli dan aroma khas ayam bakar memang sangat mengundang selera. Apalagi kalau disantap bersama dengan sambal ijo khas Padangnya, maknyussssss. nah tentunya kepengin juga kan sekali-kali menyajikan menu ayam bakar padang ini dirumah untuk keluarga anda, nah jika iya, ini ada dua buah resep yang bisa anda coba di dapur anda.

Resep Ayam Bakar Padang Sederhana Special 

Resep Ayam Bakar Padang Sederhana Special

Resep dan cara membuat ayam bakar padang special yang bisa anda coba buat dirumah. dan berikut ini kita bahas resep dan cara masaknya :

Bahan :
  • 1 ekor ayam ukuran sedang besar yang masih segar. Potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera lalu cuci bersih dan tiriskan.
  • Perasan air jeruk nipis kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja untuk menghilangkan bau khas ayam.
  • Bawang putih ukurang sedang besar kurang lebih sebanyak 4 pcs, saja. Kupas kulitnya lalu iris iris tipis.
  • Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 pcs saja. Kupas kulitnya juga kemudian iris tipis tipis.
  • Asam kandis kurang lebih sebanyak 3 pcs.
  • Batang serai yang diambil bagian putihnya saja dan sudah dimemarkan kurang lebih sebanyak 2 batang.
  • Santan kental yang diambil dari perasan parutan 1 buah kelapa kurang lebih sebanyak 200 ml saja.
  • Gula pasir sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 1/4 sendok kecil saja.
  • Minyak goreng atau minyak sayur secukupnya untuk menumis bumbu padang nya.
  • Santan encer yang diambil dari parutan kelapa diatas kurang lebih sebanyak 600 ml saja.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
Bahan Bumbu Dihaluskan :
  • Buah Cabai merah besar sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 4-6 pcs.
  • Buah cabai merah keriting kurang lebih sebanyak 4-6 pcs. Bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai selera.
  • Kunyit yang sudah dibakar sebentar sebelumnya kurang lebih sepanjang 2 cm saja.
  • Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 3 cm saja.
  • Kemiri yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sebanyak 5 pcs.
  • Merica putih halus sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 0.25 sendok kecil saja.

Cara Membuat :
  1. Langkah Pertama : Potongan ayam dibersihkan lalu tiriskan, setelah itu lumuri dagingnya dengan campuran garam dapur dan air perasan jeruk nipis. Lumuri sampai merata ke seluruh bagian dan diamkan +15 menit supaya lebih meresap.
  2. Langkah Kedua : Sambil nunggu bumbu meresap, 15 menit kan lumayan lama tuh, nah lanjut langkah selanjutnya haluskan bumbu ayam bakar padang yang sudah dipersiapkan sebelumnya , seperti cabai, kunyit, kemiri, jahe, kunyit dan merica bubuknya sampai halus.
  3. Langkah selanjutnya siapkan penggorengan dengan api sedang kecil dan beri minyak goreng kurang lebih sebanyak 2-3 sendok makan. setelah panas, lalu masukkan irisan bawang putih, irisan bawang merah, batang serai yang sudah dimemarkan dan bumbu yang sudah dihaluskan diatas. Aduk aduk semua bumbu tersebut sampai tercium bau harum.
  4. Lanjut masukkan ayam yang sudah dilumuri jeruk nipis ke dalam penggorengan dan masak sambil diaduk aduk supaya bumbunya meresap sampai matang dan berubah warnanya.
  5. Lalu tuang santan encer, gula pasir, asam kandis dan garam dapur beryodium aduk sampai santannya mendidih. lalu setelah mendidih selanjutnya masukkan santan kentalnya, aduk aduk kembali sampai daging ayamnya empuk dan bumbunya menyusut dan meresap ke dalam dagingnya.
  6. Nah Step selanjutnya persiapan untuk memanggang, siapkan oven atau grill buat tempat bakaran ayamnya. Bakar atau panggang daging ayam bumbu padang diatas sampai matang sempurna. Jangan lupa sambil diolesi sisa bumbunya dan sering dibalik supaya tidak gosong dan tingkat kematangannya merata.
Nah akhirnya jadi deh, semoga sukses ya sist, dan sayangnya resep untuk sambalnya belum ada nih, mungkin nanti saya tulis terpisah deh. hehehe udah pegel nulisnya. terimakasih dan semoga bermanfaat.

Resep Ayam Bakar Padang Sederhana Special Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown