Thursday, December 31, 2015

Resep dan Cara Membuat Donat Pisang Ambon

Rahasia Dapurku – Donat (Doughnuts atau Donut) adalah salah satu panganan berbentuk cincin dengan lubang di tengahnya yang terbuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega dengan rasa yang manis dan setelah matang biasanya diberi hiasan taburan gula halus dicampur bubuk kayu manis, atau dicelup glasir atau disiram dengan coklat cair. Dulu, lubang pada adonan donat  berbentuk cincin itu dimaksudkan agar adonan donat cepat matang saat digoreng. Adonan donat yang tersisa saat membentuk cincin biasa dijual sebagai Doughnut hole. Adonan donat terbagi menjadi dua jenis, yaitu adonan yang dibangunkan dengan ragi yang sedikitnya memiliki kadar lemak 25% dari berat donat dengan waktu penggorengan sekitar 90 detik goreng bolak balik menggunakan minyak bersuhu antara 190ᵒ - 192ᵒC, dan adonan donat yang berbentuk kental seperti adonan roti. Adonan jenis ini memiliki 20% kadar lemak dari berat donat dengan waktu penggorengan lebih lama yaitu 150 detik menggunakan minyak bersuhu antara 182ᵒ - 190ᵒC.

Saat ini, donat memiliki berbagai bentuk dan varian isi serta rasa yang cukup menggugah selera. Mulai dari donat berbentuk kuku beruang, persegi panjang (long john), gelang berupa untaian bulatan kecil (pon de ring), tali berpilin (cruller) dan donat berbentuk sekali suap (dunkin’ donuts/timbit). Sedangkan dalam hal variasi rasa dan isi, ada Donat Pisang Ambon, Donat Aneka Toping, dan masih banyak lagi jenis yang lainnya. Hanya saja, khusus kali ini, Rahasia Dapurku akan berbagi artikel tentang Resep dan Cara Membuat Donat Pisang Ambon super lezat dengan sejuta manfaat mengingat bahan yang digunakan seperti pisang ambon memiliki berbagai macam kasiat untuk kesehatan seperti mengobati anemia, mengobati gangguan liver, sebagai sumber energi dan membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin.

Setelah kita membahas sedikit info tentang Donat dan Manfaat Pisang Ambon, sekarang kita masuk ke sesi inti ya guys, yaitu Resep dan Cara Membuat Donat Pisang Ambon!

Resep Donat Pisang Ambon

Resep dan Cara Membuat Donat Pisang Ambon

Bahan-bahan : 
  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 250 gram pisang ambon, dihaluskan
  • 50 gram gula pasir halus
  • 1 butir telur
  • 1/2 sendok teh emulsifier (ovalet)
  • 100 gram margarin untuk olesan
  • 250 gram keju cheddar parut untuk taburan
  • 2 sendok teh ragi instan
  • 100 gram margarin
  • 1 sendok teh garam
  • 100 ml air
  • minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Donat Pisang Ambon

  1. Campur tepung terigu, gula pasir dan ragi instan, aduk rata kemudian tambahkan pisang ambon, telur, ovalet dan air. Uleni hingga kalis.
  2. Masukkan margarin dan garam kemudian uleni sampai elastis, setelah itu diamkan selama 30 menit.
  3. Kempiskan adonan dan timbang seberat 30 gram kemudian bulatkan dan diamkan selama 10 menit.
  4. Ambil adonan dan pipihkan kemudian lubangi tengahnya.
  5. Letakkan diloyang yang sebelumnya telah ditaburi tepung terigu lalu diamkan selama 20 menit.
  6. Goreng dalam minyak panas dengan api kecil sampai matang dan berwarna kecokelatan. Angkat kemudian tiriskan.
  7. Olesi bagian atasnya dengan margarine dan taburi dengan keju parut.
  8. Donat Pisang Ambon pun siap untuk disajikan.

Resep dan Cara Membuat Donat Pisang Ambon Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown