Sunday, June 12, 2016

Tips Cara Memilih Pisau Dapur Yang Bagus, Baik & Tajam

Rahasia Dapurku - Memiliki pisau dapur yang tajam, dan awet memang akan memudahkan anda dalam memasak. skarang ini banyak sekali macam dan jenis dari Pisau Dapur sesuai dengan kegunaanya. sebagai contoh, Pisau untuk Daging tentunya berbeda dengan pisau ntuk mengiris kulit buah. Dalam membeli pisau tentunya anda jangan sampai salah pilih. bukan cuma harus tajam, tapi juga anda harus tahu jenis apa yang anda butuhkan di dapur anda.

Membeli satu set pisau dapur lengkap. Ini adalah cara paling mudah. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan pisau dapur dalam jumlah dan jenis tertentu lengkap dengan wadahnya. Jumlah dan jenisnya sudah fix, pembeli tidak bisa memilih jenis tertentu saja. namun ada kalanya anda hanya membutuhkan jenis tertentu untuk keperluan tertentu. dan jika begitu simak berikut ini.

Tips Cara Memilih Pisau Dapur Yang Bagus, Baik & Tajam Berdasarkan Jenisnya

Tips Cara Memilih Pisau Dapur Yang Bagus, Baik & Tajam


  • Pisau koki (chef’s knife)

Panjang sekitar 8 inchi dan lebar 1 ½  inchi. Pisau ini akan digunakan pada hampir semua pekerjaan di dapur seperti memotong atau mengiris sayuran, memotong daging dan lain-lain.

  • Pisau fillet (filleting knife)

Panjangnya sekitar 4 sampai 6 inci. Pisau ini sangat tajam, tipis dan fleksibel. Biasanya digunakan untuk memotong tipis-tipis daging unggas atau ikan yang tidak bertulang.

  • Pisau pengupas (paring knife)

Panjangnya sekitar 4 inci. Bentuknya kecil mirip segi tiga. Jenis ini penting jika Anda memiliki pekerjaan yang rumit dan perlu ketelitian seperti mengupas tipis kulit buah dan sayuran, membelah jeruk, atau membersihkan udang.

  • Cleaver (pisau besar atau golok)

Biasanya panjangnya 6 – 8 inci dan lebar 3 inci. Cleaver penting jika Anda memasak daging di rumah, tentunya dengan pisau ini akan memudahkan anda.

Tips Cara Memilih Pisau Dapur Yang Bagus, Baik & Tajam Berdasarkan Bahannya

Bahan pembuat pisau bermacam-macam misalnya dari baja, keramik dan plastik. Pisau yang bagus terbuat dari baja atau campuran baja, misalnya high carbon stainless steel. Pisau ini tajam tapi tidak berkarat. Pisau dapur yang bahannya hanya stainless steel mampu bertahan terhadap korosi tapi kurang tajam. 

Ada baiknya juga anda bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum membeli. terkecuali anda belanja secara online. meski tak selemanya yang berkualitas itu mahal, tapi biasanya harga gak bohong. karena mencerminkan kualitas produk barang.

Agar pisau anda awet, anda juga harus merawatnya. nah bagaimana cara merawatnya, yang pertama diasah. Pisau daging lebih cepat tumpul daripada pisau sayur/buah. kalau setiap hari dipakai dengan volume tinggi, pisau daging perlu diasah tiap 2-3 hari sekali sementara pisau sayur/buah cukup 2-3 minggu sekali. untuk menggasah bisa dengan batu asah atau dengan besi baja. selanjutnya juga kalau pisau tidak dipakai dalam jangka waktu lama, setelah diasah dan dicuci bersih harus dilap sampai kering trus diolesin minyak goreng tipis. Serap kelebihan minyak dengan tissue atau lap. Bungkus rapat bilah pisau dengan papertowel, simpan di tempat aman. Untuk penyimpanan sehari-hari cukup dicuci bersih dengan air sabun setiap selesai dipakai dan segera keringkan dengan lap. 

semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Tips Cara Memilih Pisau Dapur Yang Bagus, Baik & Tajam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown