Saturday, June 11, 2016

Menu Makanan & Minuman Sehat Untuk Sahur & Buka Puasa

Rahasia Dapurku - Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari Puasa. Hukum Puasa di Bulan Ramadhan  wajib bagi semua orang muslim yang sudah baligh, tidak gila, tidak haid dan tidak nifas (habis melahirkan). Puasa dalam istilah hukum Islam adalah menahan diri dari makan dan minum sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari (masuk waktu solat maghrib). Puasa Ramadhan juga termasuk ke dalam salah satu Rukun Islam.

Tentunya banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari ibadah Puasa. dikutif dari "manfaatpuasa.com" beberapa manfaat ibadah puasa adalah diantaranya:
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
  • Menetralkan racun
  • Meningkatkan sistem kekebalan
  • Terhindar dari kebiasaan buruk
  • Mengontrol berat badan
  • Menjadikan ginjal lebih sehat
  • Cegah diabetes
Saat Puasa, neurotropik yang diturunkan dari otak akan mengalami peningkatan. Dengan begitu, tubuh akan memproduksi sel otak lebih banyak dari biasanya sehingga kinerja otak juga akan semakin meningkat. Berdasarkan penelitian, orang yang berpuasa akan mengalami penurunan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Selama berpuasa, tubuh akan melakukan detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari sistem pencernaan. saat berpuasa mengalami peningkatan limfosit, bahkan hingga 10 kali lipat. Hal ini tentu akan sangat baik bagi tubuh sehingga tubuh kebal dari serangan virus. Kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan di antaranya adalah merokok atau mengonsumsi cemilan yang tak sehat. Selama menjalani puasa, kita akan terhindar dari kebiasaan buruk tersebut.
Ketika menjalani puasa sebulan penuh pola makan akan lebih teratur dan terjaga. orang yang memiliki berat badan berlebih juga akan mengalami penurunan, tinggal kita mengatur asupan saat sahur dan buka puasa. Pada saat berpuasa, kekuatan osmosis dalam urin dapat tercapai sehingga fungsi ginjal akan lebih maksimal dan sehat. Diabetes disebabkan akibat kadar gula yang tinggi di dalam tubuh. Saat berpuasa, maka kita bisa mengontrol asupan makanan manis yang masuk ke dalam tubuh.

Menu Makanan & Minuman Sehat Untuk Sahur & Buka Puasa

Nah menu makanan dan minuman apa yang sehat untuk buka puasa, berikut ini menu makanan yang sehat untuk buka puasa dikutif dari "sayamausehat.com".

1. Sayuran

Sayuran segar yang mengandung banyak serat, vitamin dan mineral merupakan makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi selama berpuasa, terutama dijadikan menu saat makan sahur. Kandungan nutrisi dalam sayuran pun akan membuat tubuh anda tetap segar sepanjang hari

2. Buah-Buahan

Buah-buahan tidak hanya kaya serat tapi juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa membantu proses penyerapan nutrisi oleh tubuh agar zat-zat yang hilang selama berpuasa bisa diganti. buah-buahan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama puasa, seperti kurma, jeruk, apel, alpukat, melon, semangka, pisang, dan lainnya.

3. Ikan

Ikan punya keunggulan yang sulit ditemui dalam daging, seperti Asam Lemak Omega 3, yang efektif untuk menjaga otak anda tetap moncer selama berpuasa. tapi memang lebih banyak orang yang memilih daging ketimbang ikan untuk menu makanan nya.

4. Kacang-kacangan

Pada kacang-kacangan mengandung protein, karbohidrat kompleks, dan lemak tak jenuh. Nutrisi yang terkandung dalam kacang-kacangan bisa menjaga stamina dalam tubuh sehingga rasa lapar bisa dikurangi.

5. Susu

Manfaat susu tentunya sudah pada tahu, dari SD saja kita sudah diajarkan kalo susu termasuk dalam makanan 4 sehat 5 sempurna. supaya lebih sehat, pastikan anda mengonsumsi jenis susu murni tanpa gula tambahan.

Nah itu tadi Menu Makanan & Minuman Sehat Untuk Buka Puasa yang bisa anda jadikan referensi untuk menu sahur dan buka puasa anda sekeluarga. Puasa bukan berarti harus malas-malasan, jaga stamina dengan asupan makanan yang bergizi. semoga bermanfaat.

Menu Makanan & Minuman Sehat Untuk Sahur & Buka Puasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown