Tuesday, November 17, 2015

Resep dan Cara Membuat Nasi Tutug Oncom Pedas Khas Tasikmalaya

Rahasia Dapurku - Nasi Tutug Oncom....Yapz salah satu jenis kuliner yang sudah tak asing lagi di telinga. Nasi Tutug Oncom merupakan makanan tradisional asal Tasikmalaya Jawa Barat. Kuliner yang satu ini memang memiliki cita rasa yang enak, gurih dan pedas. Sangat cocok bila disajikan saat jam makan tiba.

Dalam istilah Sunda, tutug artinya ditumbuk menggunakan cobek atau cowet secara kasar yang kemudian dimasak bersama bumbu sambal dan diaduk rata dengan nasi pulen sebelum dihidangkan.

Nasi Tutug Oncom sangat beragam jenisnya, dan bisa dinikmati dengan makanan pelengkap lainnya seperti tahu goreng, ayam goreng, ikan asin, dan tambahan sambal terasi pedas, sesuai selera yang ingin menikmatinya.

Dalam kesempatan kali ini, RahasiaDapurku.com akan membagikan resep Cara Membuat Nasi Tutug Oncom dengan campuran Ikan Teri yang tentunya menambah cita rasa gurih pada Nasi Tutug Oncom tersebut.

Resep Nasi Tutug Oncom Pedas Khas Tasikmalaya


Resep dan Cara Membuat Nasi Tutug Oncom Pedas Khas Tasikmalaya

Bahan dan Bumbu Nasi Tutug Oncom :

-   250 gram oncom, tumbuk kasar
-   3 sdm teri medan yang telah digoreng
-   1 sdm bawang daun, potong kasar
-   4 tangkai kemangi, petik daunnya
-   1 sdm gula pasir


Bumbu yang dihaluskan :

-   3 butir bawang merah
-   2 siung bawang putih
-   10 buah cabai rawit merah
-   3 cm kencur, cuci bersih
-   1/2 sdm gula pasir
-   2 cm terasi, bakar terlebih dahulu
-   1/2 sdm garam
-   2 buah cabai merah besar
-   1 sdm gula merah yang telah disisir

Pelengkap Nasi Tutug Oncom :

 
-   4 potong asin cucut goreng
-   1 buah timun, potong serong
-   Leunca secukupnya

Cara Membuat Nasi Tutug Oncom Pedas Khas Tasikmalaya

Hal pertama yang harus dilakukan tentunya panaskan wajan dengan sedikit minyak goreng, lalu tumis semua bumbu yang telah dihaluskan, aduk-aduk sampai bumbu matang sempurna dan beraroma wangi. Masukkan oncom yang telah ditumbuk kasar ke dalam wajan, kemudian masukkan bawang daun, daun jeruk dan gula pasir, aduk kembali sampai matang dan semua bumbu tercampur rata.

Matikan api, angkat dan sisihkan untuk dicampur dengan nasi. Selanjutnya campurkan oncom tersebut bersama nasi putih dan ikan teri dalam mangkok ukuran sedang. Setelah oncom tercampur rata dengan nasi, bumbu dan ikan teri, tuangkan ke dalam mangkuk penyajian yang telah disiapkan bersama pelengkapnya yaitu ikan cucut goreng, potongan timun dan leunca. Anda juga bisa menambahkan beberapa hiasan untuk mempercantik penyajian. Nasi Tutug Oncom Pedas Khas Tasikmalaya pun siap untuk dihidangkan.

Resep dan Cara Membuat Nasi Tutug Oncom Pedas Khas Tasikmalaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin