Friday, March 18, 2016

Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Special

Rahasia Dapurku - Salah satu makanan yang banyak digemari masyarakat Indonesia adalah Opor Ayam. aneka masakan berbahan dasar ayam memang digemari banyak orang. Opor ayam juga salah satu menu yang sering kita temui di Hari Raya. Opor ayam enak disantap dengan nasi atau dengan ketupat, masakan Nusantara ini sangat enak dan mantaf mulai dari kuah dan daging ayamnya yang diliputi oleh seluruh kuahnya hingga meresap ke dalam dagingnya.

Memang bahan dasar ayam harganya terjangkau oleh kantong dibandingkan dengan daging sapi. Aroma khas opor ayam memang menggugah selera dan dari jauh pun biasanya tercium membangkitkan selera makan. nah udah pada ngiler kan langsung aja yuk kita ke bahan resep dan cara membuatnya. yang tentunya gak sulit kok.

Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Special

Resep Opor Ayam Special Rahasia Dapurku

Bahan :
  1. Satu Ekor Ayam Kampung
  2. Satu liter santan
  3. 3 cm lengkuas
  4. Garam secukupnya
  5. gula secukupnya
  6. 2 Batang sereh 
  7. Daun salam 2 lembar
Bahan yang pertama tentunya Satu ekor Ayam yang dipotong-potong sesuai selera yang menjadi bahan dasar utama, kemudian santan, lengkuas, sereh, garam dan gula serta daun salam untuk aroma. setelah siap lanjut ke bahan-bahan selanjutnya yang dihaluskan.

Bahan Yang Dihaluskan :
  1. 1/4 butir pala
  2. 1/4 sdt jintan
  3. 7 bg bawang merah
  4. 5 butir kemiri
  5. 3 cm kunyit.
  6. 1 sdt ketumbar
  7. 1 sdt merica butiran
  8. 5 siung bawang putih

 Cara Membuat Opor Ayam Special

Setelah semua bahan siap dan bumbu-bumbu yang dihaluskan juga sudah siap langkah selanjutnya adalah langkah cara membuat atau memasaknya. pasti udah gak sabar juga kan, nah langsung aja tumis bumbu-bumbu yang telah dihaluskan tadi, tambahkan lengkuas, jahe, dan serai, serta daun salam. Aduk-aduk sampai bumbu berbau harum. Selanjutnya masukkan daging ayam, aduklah biar bumbu tercampur rata, dan masak sampai berubah warna. setelah dirasa cukup, tuangkan air santan, tambahkan gula dan garam secukupnya. tunggu sampai matang dan angkat.

Opor ayam pun siap anda hidangkan untuk keluarga tersayang. dan semoga bisa bermanfaat dan membantu anda.

Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Special Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin